Home  /  Belajar Photoshop  / Membuat bayangan air pada foto dengan photoshop

Membuat bayangan air pada foto dengan photoshop


Membuat bayangan air pada foto dengan photoshop

Untuk membuat sebuah bayangan dengan efek air pada bagian bawah sebuah foto, kita dapat membuatnya dengan beberapa langkah mudah yang dapat dimodifikasi lagi jika nanti ingin menambah efek bayangan air dengan bantuan smart filter.

Sebelum memulai tutorial ini pastikan Anda memakai Photoshop versi terbaru yang mendukung smart filter seperti Adobe Photoshop CS6, atau CS5 karena Smart filter ini tersedia pada versi terbaru tersebut saat artikel ini ditulis. Baca juga artikel tutorial kami di Menari diatas langit photoshop.

PREVIEW DESAIN

Sebelum memulai tutorial, berikut hasil desain yang senantiasa saya tampilkan pada setiap artikel pada bagian Preview Desain.

Hasil desain

Detail tutorial

  • Tingkat kesulitan : Pemula
  • Software yang digunakan : Adobe Photoshop
  • Materi yang dipelajari : Smartfilter, Filter gallery dan Displace
  • Lama pembuatan : 25 Menit

Resource

Jika butuh gambar yang sama dengan tutorial ini, download foto/gambar berikut sehingga Anda lebih maksimal dalam mempelajari postingan pada membuat bayangan air ini.

Tutorial

Langkah 1 : Membuka foto dan memotong bagian foto

Buka foto yang ingin Anda beri efek air dengan Photoshop dimenu file > Open atau dengan cara tarik dan drag foto ke Aplikasi Photoshop.

Buka foto yang ingin Anda beri efek air

Setelah terbuka pilih crop tool pada toolbox photoshop dan lakukan crop pada gambar seperti yang saya lakukan pada gambar berikut.

crop pada gambar

Tekan OK atau Enter pada keyboard untuk mengakhiri dan memotong gambar. Berikut hasil crop yang kita hasilkan setelah melakukan cropping pada gambar.

hasil crop

Langkah 2 : Menambah foto untuk bagian bawah

Duplicate gambar pada menu Layer > Duplicate layer. Buat nama dan tekan OK untuk mengakhir. Tidak ada efek apapun pada foto Anda namun akan terbuat sebuah layer copy pada layer pallete Anda. Untuk melihatnya Tekan F7 pada keyboard.

Duplicate gambar

Selanjutnya kita akan memperbesar ukuran kanvas kerja. Pilih Image > Canvas size pada menu tool photoshop. Centang terlebih dahulu bagian Relative dan isikan Width dengan 0 dan Height 100 Persent. Pada bagian Anchor tekan panah atas sehingga nanti hasil canvas size akan berefek pada bagian bawah foto.

Pilih Image > Canvas size pada menu tool photoshop

Berikut hasil canvas size yang telah kita hasilkan.

canvas size yang telah kita hasilkan

Buat seleksi dengan menekan Select > All sehingga seluruh canvas akan terseleksi. Lalu pilih Edit > Transform > Flip vertical sehingga foto akan terbalik secara vertikal ke bagian bawah. Selanjutnya kombinasikan penekanan Ctrl + Shift + Alt + E secara bersamaan agar terbuat sebuah layer baru sesuai gambar yang tampil pada layar komputer dan berikut hasil beserta layer yang telah kita buat.

foto terbalik secara vertikal ke bagian bawah

Langkah 3 : Membuat efek air

Buat layer baru (Layer > New > Layer) dan tempatkan layer dibagian paling atas pada layer. Isikan dengan warna putih dengan menekan D sekali pada keyboard untuk membuat warna foreground menjadi hitam dan background menjadi putih. Lalu tekan Ctrl + Backspace untuk membuat layer terisi dengan warna background yaitu warna putih.

Membuat efek air

Pilih Filter > Filter Gallery pada menu Photoshop. Pilih bagian Sketch dan pilih Halftone Pattern dan setting Size sebesar 12, Contrast 8 dan Pattern type Line seperti gambar berikut ini. Sesuaikan jika Anda memakai foto lebih besar atau lebih kecil ukurannya.

Filter Gallery

Tekan Ctrl pada keyboard tahan lalu tekan “Layer 1″ yang telah kita buat pada langkah 2 sehingga bagian bawah akan terseleksi. Setelah terseleksi pilih menu Edit > Transform > Perspective dan tarik titik-titik sehingga membuat perspective seperti berikut.

Perspective

Dibagian menu, pilih layer > Duplicate layer untuk membuat layer duplicate. Pada bagian destination pilih new pada Document dan buat nama bayangan pada bagian Name sehingga akan terbuat sebuah canvas kerja baru dengan nama Bayangan.

canvas kerja baru dengan nama Bayangan

Tekan OK untuk membuat canvas kerja baru dengan gambar putih hitam garis-garis. Pada lembar kerja baru yang barusan terbuat simpan kanvas tersebut dengan memilih file > save dan simpan dimanapun pada drive anda. Close lembar kerja tersebut dan kembali ke lembar kerja utama. Tekan Delete/Backspace pada keyboard untuk menghapus layer 3 sehingga akan tampak kembali layer burung.

Pilih Filter > Convert to Smart Filter pada bagian menu Photoshop untuk membuat Smart filter pada “Layer 2″. Smart filter ini berguna untuk mengedit kembali filter-filter yang telah kita buat nantinya sehingga filter nanti tidak berefek langsung pada gambar Anda.

Langkah 4 : Membuat efek air lanjut

Kembali pilih Filter > Blur > Motion Blur. Pada dialog box yang tampil isikan Angle sebesar -90 derajat dan Distance sebesar 21 pixels.

Motion Blur

Pilih Filter > Distort > Displace pada bagian menu. Isikan Displace seperti berikut dan Tekan OK.

Displace

Setelah menekan tombol OK Anda akan diminta untuk membuka sebuah gambar dengan format PSD. Pada dialog open yang terbuka pilih file yang telah kita buat pada langkah 3 yaitu file Bayangan.psd dan tekan open untuk membukanya. Setelah membuka berikut hasil gambar yang akan kita hasilkan sementara.

Hasil Displace

Buat seleksi dengan menekan Ctrl pada keyboard dan tekan layer 1 sehingga akan terbuat sebuah seleksi pada bagian bawah. Setelah seleksi terbuat pilih Add layer mask pada bagian bawah layer sehingga bagian atas akan hilang dan tidak berefek bayangan air.

Buat seleksi

Langkah 4 : Mengubah warna

Sekarang kita membuat layer bayangan air dengan warna yang lebih biru menyerupai air. Pada bagian menu pilih Layer > New adjustment layer > Hue/Saturation dan setting seperti berikut.

Mengubah warna

Turunkan opacity menjadi 25% sehingga gambar efek bayangan air akan biru dan tampak lebih realistis dan nyata.

Turunkan opacity menjadi 25%

Demikian hasil tutorial yang kita buat sehingga akan menghasilkan gambar seperti berikut.

Hasil desain

Punya Android hanya untuk chatting ? yuk cari uang juga lewat Android dengan cara mudah dan telah terbukti, lihat tutorialnya pada postingan cara mendapatkan uang dengan Android

Related Post


Membuat Icon Bertekstur dengan Photoshop
Membuat Icon Bertekstur dengan Photoshop

  Setelah pada postingan sebelumnya membuat poster dengan photoshop, sekarang…

Tutorial Desain Tipografi Burung Twitter
Tutorial Desain Tipografi Burung Twitter

Menurut Wikipedia, Typography (Tipografi) adalah suatu ilmu dalam memilih dan…

Cara membuat efek teks lampu dengan photoshop
Cara membuat efek teks lampu dengan photoshop

Bagaimana sih cara membuat efek teks lampu yang menyatu dengan…

Tips cropping dalam manipulasi photoshop
Tips cropping dalam manipulasi photoshop

Tutorial photoshop singkat kali ini, kita akan belajar cara menyeimbangkan…



  • http://www.facebook.com/ahwaz.akbar Ahwaz Akbar

    saya sangat suka dengan toturial yang anda tampilkan…..terima kasih ilmunya mas. :D

    • http://psdesain.net/ Jaka

      Senang bisa membantu :)

  • SUMID

    mas ajarin dong buat web kayak gini ….HEHE

  • andrian

    mas, untuk gambar2 lain saya coba, masih keliatan potongan di tengah yang membagi jadi 2 gambar. itu kira2 bisa dituupi atau tidak ya mas? untuk menyempurnakan saja hehe

    • http://psdesain.net/ Jaka

      Coba cek dibagian ini :

      Buat seleksi dengan menekan Select > All sehingga seluruh canvas akan terseleksi. Lalu pilih Edit > Transform > Flip vertical sehingga foto akan terbalik secara vertikal ke bagian bawah.

      Nah setelah langkah tersebut, masih pada layer yang sama tekan keyboard naik keatas sehingga foto akan naik keatas beberapa pixels.

  • Agung Wirayuda

    Mas, setelah select > all,, kemudian edit > transfom
    > flip vertical kok muncul kata “could not flip because the selected area is
    empty”

    padahal sudah rubah ukuran kanvas sesuai di tutorial..

    makasi mas..

    • http://psdesain.net/ Jaka

      could not flip because the selected area is empty terjadi karena LAYER yang kamu buat dalam keadaan kosong, dalam artian kamu belum menaruh benda apa apa di LAYER tersebut sehingga tidak bisa di Transform. Coba cek lagi LAYER kerjanya mas Agung.

  • Vidia

    mas, kq saya nggak bisa praktekin langkah yang ini :
    Buat seleksi dengan menekan Ctrl pada keyboard dan tekan layer 1
    sehingga akan terbuat sebuah seleksi pada bagian bawah. Setelah seleksi
    terbuat pilih Add layer mask pada bagian bawah layer sehingga bagian
    atas akan hilang dan tidak berefek bayangan air.
    layer 2 ny nggak mau di ‘add layer mask’
    tolong penjelasannya :(

    • http://psdesain.net/ Jaka

      Halo Vidia.
      Penjelasannya seperti ini.
      Tekan ctrl sambil menekan layer 1. Pastikan disini foto bagian bawah akan terseleksi (gambar ada dibawah).

      Nah lalu pilih kembali layer 2, layer terpilih akan berwarna biru.
      Baru pada layer 2 ini tekan sehingga yang tidak terseleksi akan menghilang.