Scanning negatif dengan Arcsoft photostudio

Sponsored Links

Menyambung tutorial sebelumnya dalam scan gambar dengan ArcSoft Photostudio, kita akan mencoba menscan negatif menggunakan software yang sama yaitu ArcSoft Photostudio.

Walaupun sudah di dominasi dengan digital, foto klise atau negatif tetap masih ada “anginnya” terutama untuk foto-foto jaman dahoeloe sebelum belum ada yang namanya digital.

Kali ini kita akan mencoba cara scan negatif menggunakan Arcsoft PhotoStudio. Seperti tutorial sebelumnya, sebelum anda melakukan proses scanning negatif perhatikan hal berikut terlebih dahulu.
1. Pastikan driver scanner telah terinstall dengan baik di komputer anda beserta software bawaan scanner, ArcSoft Photostudio.
2. Pastikan kabel data telah terkoneksi dengan baik di komputer.
3. Pastikan kabel power telah di aliri arus listrik.

Scan negatif dengan Arcsoft photostudio

Langkah 1 : membuka program ArcSoft PhotoStudio

Buka terlebih dahulu program Arcsoft dengan klik ganda pada icon shortcut atau di menu Start > All programs > ArcSoft PhotoStudio x.x > Photosudio x.x

“Perlu diperhatikan, disini saya menggunakan Photostudio 5.5″

Arcsoft photostudio

Langkah 2 : Scanner guide

Pada bagian atas program Arcsoft, pilih icon scan untuk membuka jendela scanning atau di menu File > Acquire..

Tekan icon scan

Jika kedua cara diatas tidak berjalan dengan lancar, anda perlu terlebih dahulu untuk memilih jenis scanner yang tepat. Masuk ke bilah menu File > Select source, dan pilih jenis scanner yang anda pakai sekarang.

Memilih scanner

Tampak gambar hanya menampilkan 1 jenis scanner karena saya hanya menggunakan 1 jenis scan, berbeda halnya jika anda memakai 2 atau lebih scanner.

Setelah window scanner terbuka, ubah bagian Select Source menjadi “Negative Film(color)”. selanjutnya buka bagian penutup scanner dan masukkan negatif sesuai prosedur scan, tutup kembali jika selesai.

Scan negatif

Tekan preview untuk melihat preview negatif sementara.

Setelah gambar terbuka, tekan scan untuk meloadnya ke harddisk anda.

Tekan tombol scan

Dan fotopun sudah bisa diedit dengan program desain seperti photoshop dan lainnya dengan prosedur menyimpannya (save) terlebih dahulu.

Punya android cuman untuk main game? wah sayang sekali kalo Android mahalmu hanya dipake buat main game dan chatting, mending dapatin uang jajan tambahan, info lengkap cek blog saya disini. :)

Silahkan isi kotak komentar anda dibawah ini, dan jangan lupa cek inbox email anda untuk melihat balasannya.

Sponsored Links

1 Photos of the "Scanning negatif dengan Arcsoft photostudio"

scan-foto

9 thoughts on “Scanning negatif dengan Arcsoft photostudio

  1. Saya mau menanyakan scanner yang digunakan unt ” Scanning negatif dgn arcsoft photostudio , apa scaner khusus ?, saya menggunakan scaner sekaligus printer canon dibagian tutup scaner kok ndak ada yang unt menempatkan neg film seperti contoh ?, apa scaner saya bisa digunakan unt neg film ?, dimana saya bisa mengunduh ARCSOFT PHOTOSTUDIO yg free ?
    Terimakasih atas jawabannya di email.

    1. Scanner diatas yang saya gunakan support dengan negatif film. ada beberapa scanner yang tidak support dengan negative film seperti yang anda tuliskan.

      Archosft Photostudio itu sendiri bisa anda dapatkan di disc driver yang disertakan saat anda membeli scanner tersebut. :)

  2. jaka, gimana cara menambahkan negatev film (color) pada arcsoft photo, punya aku sama dengan jaka serinya juga 5.5 ngak ada negativ film

      1. punya aku canoscan lide 110…, apa mendukung untuk scan negatif. klo ngak mendukung kira2 tipe apa saja yg bisa mendukung….!

        1. Hai Mas Adoe

          Setau saya canoscan lide 110 tidak mendukung untuk menscan Negatif Film, Sedangkan untuk menscan negatif film pastinya hardware mas Adoe harus mendukung juga.

          Berikut salah satu contoh scanner saya, yang support negatif film juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>