3 Tools membuat seleksi dengan photoshop

Marquee tool

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar bagaimana membuat seleksi dengan photoshop. Postingan ini merupakan jawaban dari pembaca psdesain yang pertanyaannya “GIMANA CARA BIKIN SELEKSI YANG RAPI supaya bisa membuat bla bla…”. Dengan postingan ini, saya harap anda dapat lebih mengenal lagi cara kerja seleksi dan tool-tool yang digunakan untuk membuat seleksi dengan photoshop.

Seleksi merupakan hal penting yang harus anda paham dalam mendesain dan belajar photoshop. Berikut ini saya akan mengurai 3 tool seleksi photoshop yaitu Marquee tool, Lasso tool, selection tool, selanjutnya akan saya post pen tool, dan quick mask yang digunakan untuk membuat seleksi dengan photoshop. Tonton juga videonya untuk memahami bagaimana cara menggunakan tool-tool tersebut. Sebelumnya saya mohon maaf jika videonya tidak bersuara. :)

Sebelumnya, perhatikan bahwa disini saya menggunakan photoshop CS6 terbaru (September 2012) jadi jika anda menggunakan photoshop versi sebelumnya mungkin tampilannya akan sedikit berbeda namun fungsinya tetap sama dan Anda dapat mempelajari artikel ini dengan seksama.

Marquee tool

Marquee tool

Pada bagian marquee tool terdapat 4 pilihan seleksi yang dapat anda gunakan. Seleksi ini adalah seleksi-seleksi umum yang sering digunakan dalam mendesain di photoshop. Ada Rectangular marquee tool yang berfungsi membuat seleksi berbentuk persegi dan elliptical tool yang berfungsi membuat seleksi dengan photoshop berbentuk lingkaran.

Cara penggunaan tool ini sangat mudah, aktifkan tool yang Anda inginkan lalu klik dan drag untuk membuat seleksi. Kombinasikan juga tombol Shift, Space, dan Alt pada keyboard.

Terlihat pada video diatas saya mencoba menggunakan Elliptical Marquee tool pada photoshop dan membuat 2 seleksi lingkaran pada lingkaran dalam kunci.

Lasso Tool

Lasso tool

Lasso tool dapat bekerja lebih bebas dari pada marquee tool. Seleksi akan mengikuti pergerakan mouse (klik drag) sehingga anda harus melakukan seleksi dengan lebih berhati-hati. Lihat video dibawah ini untuk lebih memahami bagaimana cara menggunakan Lasso tool.

Tentu anda harus punya talenta tinggi dan penggunaan mouse yang baik jika menggunakan lasso tool. Jika tidak, seleksi akan compang camping seperti yang saya pakai :D

Poligonal lasso tool juga hampir sama penggunaannya seperti Lasso tool, tool ini sangat bagus jika anda ingin membuat seleksi yang lurus lurus seperti yang anda lihat pada video diatas. Demikian juga dengan Magnetic Lasso Tool, anda tinggal klik sekali pada start awal bagian seleksi lalu jalankan mouse dan Magnetic lasso tool photoshop akan bekerja mengikuti arah cursor dan kesamaan warna.

Quick selection tool dan Magic wand tool

Selection tool

Seleksi ini bekerja sesuai kerapatan warna, jadi jika objek yang ingin anda seleksi terdiri dari sebuah dominan warna maka tool ini paling cocok anda gunakan. Untuk lebih jelasnya coba tonton video berikut ini.

Panggil saya Jaka, saya suka wanita dan desain. Saya orang yang mudah untuk diajak berinteraksi, temukan juga saya diwebsite pribadi Jakazulham dan follow Twitter saya,@jakazulham.
  • Leo Ari Wibowo

    Pakai CS6 ya?
    Sebenarnya kalau buat seleksi standar seperti ini, mau CS6 atau sebelumnya, seingat saya, tampilannya akan sama. Kecuali warna UI-nya tentu saja :)

    • http://psdesain.net/ Jaka

      Sebelumnya, perhatikan bahwa disini saya menggunakan photoshop CS6 terbaru (September 2012) jadi jika anda menggunakan photoshop versi sebelumnya mungkin tampilannya akan sedikit berbeda namun fungsinya tetap sama dan Anda dapat mempelajari artikel ini dengan seksama.

      Jelas saya tuliskan di artikelnya diatas mas LEO, jadi tutorial ini bisa dipraktekin oleh semua jenis photoshop kecuali versi 90an dulu. :)

  • boyz’jr

    sebenarnya saya masih kesulitan dalam menyeleksi foto , hasil seleksi saya selalu jelek , biasanya mas jaka menyeleksi foto mengunakan mouse atau touchpad ? kalau saya tauchpad

    • http://psdesain.net/ Jaka

      Saya sendiri lebih rapi menggunakan mouse mas boy.. Saya jadi teringat dengan mouse dulu yang memakai roda dibawahnya mas, tapi sekarang sudah langka mouse itu. Dengan mouse itu hasil seleksi lebih halus dan sangat rapi. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi dipasaran. :(

    • Syaiful

      kalau pakai touchpad sering tidak mantap, mas..gak tahu, saya kurang bisa mnggunakannya. saya sering mnggunakan mouse untuk seleksi foto..

      mas, Jaka, yang lebih mantap pergerakan mousenya tuh biasanya yg gak pakai kabel, ..kmarin saya coba punya teman, mousenya uenak.. faktor lain mungkin juga alasnya..

      • http://psdesain.net/ Jaka

        Menurut saya jenis mouse yang pakai kabel itu lebih membuat tidak nyaman, sudah lama saya beralih ke mouse wireless karena lebih portable dan bebas.

        Yang lebih penting adalah pengaturan mouse itu sendiri untuk menggunakannya senyaman mungkin. Untuk windows bisa di setting di Start > Control Panel > Mouse.

  • http://ngejepret.blogspot.com/ Nindya

    quick selection tidak begitu efektif untuk menyeleksi, saya sering menggunakan marquee tool. Tapi secara keseluruhan untuk penggunaan Photoshop yang paling saya butuhkan cuma pencahayaan..Sekarang lagi belajar Photoshop Lightroom, lebih cepat sih..

    :)

    • http://psdesain.net/ Jaka

      Untuk photografer pencahayaan merupakan kunci utama sukses dalam mendesain gambar hasil jepretannya. Saya juga sering mengedit foto-foto saya di menu Images > Adjustments >…
      Tapi beberapa foto seperti mengambil foto macro, kadang kita perlu menyeleksi objek tertentu untuk membuatnya. Dan marquee tool seperti yang anda sebutkan juga tool yang cocok untuk membuatnya :)

  • http://arikaka.com arikaka

    saya palingan ngedit2 yang simple jadi ngandelin yang magic aja hehe

    • http://psdesain.net/ Jaka

      Magic wand ya mas Ari. Saya juga sering menggunakannya untuk seleksi bagian-bagian yang punya kerapatan tinggi, termasuk untuk membuat pas photo. :)